Saturday, September 8, 2018

Mengatasi Notifikasi Error Data Diubah Menggunakan Selain Aplikasi Dapodik

 

Cara Mengatasi Error Data Diubah Menggunakan Selain Aplikasi Dapodik | Dapodik Helper

MitraPustaka. Ini adalah peringatan yang muncul pada bagian validasi aplikasi Dapodik apabila data mengalami perubahan namun menggunakan aplikasi atau tool lain diluar dapodik seperti contohnya pada gambar berikut ini.


untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan perbaikan (edit) pada data yang bermasalah tersebut dari aplikasi Dapodik langsung. Solusi ini bisa dilakukan untuk pengguna DH terbaru (menu link download ada dibawah/akhir postingan, versi sekarang adalah build 07122017). Sedangkan untuk perbaikan dengan DH versi sebelumnya atau aplikasi selain DH maka setelah pesan error tersebut muncul Dapodik akan langsung ERROR tidak dapat digunakan.

Tahapan perbaikannya adalah dengan membuka lembar edit data yang terbaca error tersebut (misal peserta didik) seperti pada gambar berikut ini.


Kemudian selanjutnya ubah salah satu item data yang tidak terkunci, misalnya dengan menambahkan "_" (spasi) pada Alamat Jalan, kemudian pilih Simpan. Periksa kembali lembar validasi dan validasi ulang maka pesan ERROR tadi akan hilang dengan sendirinya.
 Setelah data terbaca valid jangan lupa untuk mengembalikan data yang tadi dilakukan pura-pura edit misalnya dengan menghapus kembali "_" (spasi) pada Alamat Jalan yang tadi ditambahkan melalui aplikasi Dapodik bukan dari DH. Inti dari prosedur ini adalah memperlakukan data-data yang dirubah melalui DH agar ditandai sebagai data yang dirubah melalui aplikasi Dapodik langsung.

Saya sarankan sebelum melakukan cara ini, dapodiknya di syncron dulu dan lakukan backup, karena apa, seumpama tidak berhasil, data kita masih aman, karena sudah terkirim ke server database dapodiknya.


Data anda adalah tanggung jawab anda, perlakukan data dan DH yang anda miliki dengan bijak.
Download Aplikasi DH Disini
 
Sumber (dapodikhelper)

No comments:
Write komentar

E-learning