Tuesday, May 30, 2023

Efisensi Waktu, Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 6 SDN Citeureup Kec. Panimbang Gunakan LJK

 



Foto : Siswa Sedang Ujian


Indsmedia - Pandeglang, 29/05/2023. Penilaian Akhir Tahun telah menginjak hari pertama bagi Kelas 6 untuk Tingkat Sekolah Dasar, begitu pula di SDN Citeureup 3 Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang yang uniknya pelaksanaan PAT kali ini menggunakan lembar jawaban Komputer, karena untuk pelaksanaan online masih terkendala keterbatasan komputer sehingga harus dilakukan 2 sesi, maka digunakanlah LJK ini, selain menghemat waktu, analisis soal dan sistem ljk merekap nilai siswa secara otomatis, sehingga memudahkan kerja guru. 


Penggunaan LJK pada PAT Tahun ini sangat di dukung oleh Kepala SDN Citeureup 3, Dede Reska Suherman, S.Pd.SD. hal ini merupakan alternatif jika tidak dilaksanakan secara ujian online dalam penilaian ujian siswa, kedepan semua kelas akan menggunakan LJK terutama kelas atas di sekolah kami.


Adapun kelebihan menggunakan LJK ini akan kita bahas, Kita seringkali mendengar kata-kata Lembar Jawaban Komputer (LJK) akhir-akhir ini. Banyak orang yang pernah mendengar tapi masih awam dengan istilah dan fungsi LJK itu sendiri. Lembar Jawaban Komputer (atau yg sering disingkat LJK) adalah formulir isian berupa kertas yang kemudian akan diolah/dikenali isinya secara otomatis oleh komputer dengan alat scan (Scanner Dokumen).


Foto : Siswa sedang ujian

LJK biasanya digunakan untuk formulir yang berbentuk ujian pilihan ganda, kuesioner, formulir registrasi dan pendataan. Kegunaan dari LJK ini secara luas dimanfaatkan di berbagai bidang pekerjaan sampai pendidikan.

Mengapa kita membutuhkan LJK?


Penggunaan LJK mengefisienkan proses pemasukkan data ke komputer dan mengurangi kesalahan manual yang biasa terjadi (Human Error). Bayangkan apabila kita harus memeriksa lembar formulir yang berjumlah ratusan hingga ribuan lembar dalam waktu singkat, tentu saja hal itu sangat melelahkan sehingga mengakibatkan kesalahan pada pemeriksaan formulir tersebut.


Tapi kini kita tidak usah membeli perangkat scanernya, sudah banyak aplikasi gratis yang dapat digunakan guru untuk memeriksa jawaban siswa, hanya di foto maka hasil koreksi siswa dapat kita ketahui. 

(SW)



No comments:
Write komentar

E-learning