Thursday, November 9, 2023

Digitalisasi Pembelajaran Kombel SDN Citeureup 1 Gelar IHT Pelatihan Pembuatan Media Ajar Berbasis Canva

 

Foto Dokumen SDN Citeureup 1

Pandeglang, 08/11/2023. Ki Hajar Dewantara (KHD) berpendapat bahwa pendidikan harus dirancang sesuai dengan kodrat alam dan juga kodrat zaman anak. Kodrat alam berarti bahwa Pendidikan harus dikembangkan sesuai dengan nilai-nilai budaya (lingkungan) yang menjadi identitas bagi seseorang sedangkan kodrat jaman disini berarti bahwa Pendidikan harus dikembangakan sesuai dengan perkembangan jaman dimana anak itu tumbuh dan berkembang. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga turut berkembang pesat dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam bidang Pendidikan.


Dokumen SDN Citeureup 1

Teknologi sendiri dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan sesuatu. Pemanfaatan teknologi dalam bidang Pendidikan menjadi salah satu metode yang dapat dilakukan guru untuk merancang media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. 


Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk merancang media pembelajaran tersebut adalah Canva. Aplikasi canva adalah sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online, dengan aplikasi ini kita dapat membuat kartu ucapan, poster, brosur, infografik, presentasi, hingga video. Guru dapat merancang modul ajar, bahan ajar, LKPD, poster Pendidikan, bahkan video pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai fitur dan template yang terdapat dalam aplikasi canva dengan mudah.


Dokumen SDN Citeureup 1

Namun karena masih banyak guru yang belum terlalu mengenal dan belum bisa memanfaatkan aplikasi canva, maka Komunitas Belajar SDN Citeureup 1 melaksanakan sebuah program In House Training (IHT) yaitu "Pelatihan Digitalisasi Media Pembelajaran Melalui Canva di SD Negeri Citeureup 1". Hal ini untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan dan pengalaman guru dalam memanfaatkan aplikasi canva dalam pembelajaran.



Selama kegiatan pelatihan, peserta begitu antusias dan bersemangat, mereka juga mampu mempraktekkan materi yang telah diajarkan oleh pembicara dengan baik. baru setengah pelatihan peserta sudah bisa menghasilkan poster dan infografis materi pelajaran yang diampu masing-masing.


Dokumen SDN Citeureup 1

Acara ini dibuka oleh Ibu Korwil Kecamatan Panimbang Ibu Eneng Wasitoh, S.Pd. yang dilanjutkan dengan materi penguatan Pembelajaran Paradigma Baru oleh Pengawas SD Kecamatan Panimbang sekaligus Korwas Pengawas SD Kabupaten Pandeglang Bpk Ma'mun, M.Pd., kemudian materi kedua yaitu Pelatihan Digitalisasi Media Pembelajaran melalui Canva oleh Endi Sutrisna, S.Sos.,S.Pd.,Gr. selaku Founder Indsmedia.com dan Harian Guru.  


Kepala SDN Citeureup 1, Ahim, S.Pd.SD. "menuturkan berharap agar materi yang telah disampaikan pada kegiatan pelatihan ini dapat terus dimanfaatkan dan dikembangkan oleh guru-guru di SD Negeri Citeureup 1 untuk menciptakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Sehingga peserta didik menjadi lebih semangat dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran." (SW) 

 


No comments:
Write komentar

E-learning