Tuesday, November 14, 2023

Tingkatkan Ketuntasan Pelatihan Mandiri Kombel SDN Citeureup 1 dan 3 Gelar Pelatihan Platform Merdeka Mengajar

 

 

Sambutan Kepala Sekolah

Pandeglang - Komunitas Belajar SDN Citeureup 1 dan 3 Kecamatan Panimbang menggelar IHT Pelatihan PMM untuk meningkatkan pemahaman Asesmen, Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata, yang di gelar pada hari Selasa, 14 November 2023 bertempat di SDN Citeureup 1. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 3 SD yaitu SDN Citeureup 1, SDN Citeureup 3 dan SDN Citeureup 4. Kegiatan tersebut mengambil tema “Pelatihan PMM untuk meningkatkan pemahaman Asesmen, Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata.


Acara dibuka oleh Kepala SDN Citeureup 1 yaitu Ahim, S.Pd.SD., kemudian dilanjutkan oleh Kepala SDN Citeureup 3 Mu’min, S.Pd.I. yang menyampaikan bahwa kegiatan ini didanai oleh BOS Kinerja TA 2023,  ada 3 paket pelatihan yang akan dilaksanakan kali ini yaitu Asesmen, Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata, kemudian dilanjutkan oleh narasumber pertama dari Mohammad Faizin, S.Pd. dengan topik Asesmen di PMM,  yang memberikan semangat kepada Bapak Ibu Guru untuk lebih maju dan mampu menggunakan PMM dalam asesmen di pembelajaran

Dokumentasi SDN Citeureup 1

Bertindak sebagai narasumber kedua adalah Yaya Rukbi, S.Pd. dari SDN Citeureup 3.Narasumber menyampaikan tahapan dalam Platform Merdeka mengajar merupkan episode ke 15 dari Program Medeka Mengajar. Kita sebagai guru diharapkan untuk bisa mengikuti Pelatihan Mandiri yang ada di PMM. Dalam Pelatihan Mandiri ada beberapa topik yang harus kita selesaikan, dan melalui beberapa tahapan dalam pelatihan mandiri yaitu menonton video, Latihan pemahaman, cerita reflektif, post test dan aksi nyata.  


Dikumentasi SDN Citeureup 3

Aksi nyata yang kita buat harus memiliki 5 unsur yaitu yang pertama ada Identitas guru, yang lembar kedua ada produk “Merdeka Belajar”, yang ketiga ada dokumentasi menyebarkan pemahaman, untuk lembar ke–4 yaitu ada umpan balik minimal 5 orang yang terkahir adalah refleksi diri. Hindari kesalahan yang sering terjadi yaitu unsur kurang lengkap, hanya materi. Yang kedua umpan balik bukan unsur yang terakhir ATM yang kurang rapi, sehingga terdeteksi plagiasi. Narasumber mempraktekkan secara langsung bagaimana membuat aksi nyata, serta bagaimana cara menyebarkan aksi nyata serta membuat refleksi. (SW)  

 

No comments:
Write komentar

E-learning