Tuesday, February 7, 2023

Gelar Asesmen Diagnosis, SDN Citeureup 3 Gunakan Platform Merdeka Belajar

 



Siswa Kelas 6


Indsmedia.com - SDN Citeureup 3 Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang gelar Asesmen Diagnosis online, Penilaian awal siswa merupakan hal penting dalam mengukur awal kemampuan siswa sebelum pembelajaran dilakukan, asesmen ini dilaksanakan setiap awal pembelajaran Tema, dilakukan minggu pertama setiap bulan, pelaksanaan asesmen diagnosis Tema 7 di lakukan pada hari Senin tanggal 30 Januari 2023 dilaksanakan secara online melalui fitur asesmen murid pada platform/aplikasi merdeka belajar.

Penggunaan platform Ini merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan murid kelas 6 dengan soal-soal tipe AKM. Harapannya dengan mengenal soal-soal tipe AKM di kelas 6, murid-murid dapat lebih mudah memahami soal-soal tipe AKM pada jenjang yang lebih tinggi. 

Endi Sutrisna, S.Sos.,S.Pd.,Gr. selaku wali kelas 6, menjelaskan penggunaan IT dalam proses Asesmen dan pengolahan nilai sangat membantu dalam efektivitas waktu, yang tadinya untuk memeriksa jawaban siswa butuh 30-60 menit kini dengan 1 menit pun hasil penilaian siswa langsung tersaji. Penggunaan IT sudah mulai digunakan dalam penilaian harian, selain dengan platform merdeka belajar, google form juga menjadi pilihan dalam penilaian online, siswa bisa mengerjakan di rumah bagi yang sudah memiliki gadget seperti handphone sedangkan siswa yang belum memiliki gadget ujiannya di sekolah dengan menggunakan fasilitas leptop sekolah. Kedepan juga Insyaallah pelaksanaan PTS akan kami laksanakan secara online. 

Platform Merdeka Mengajar sendiri adalah platform edukasi yang membantu Guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya lebih baik lagi serta menjadi teman penggerak Guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Aplikasi yang diciptakan oleh Kemdikbudristek ini bertujuan untuk membantu guru mengembangkan praktik mengajar sesuai kurikulum merdeka melalui fitur perangkat ajar dan asesmen murid, membantu guru terus belajar dan mengembangkan kompetensinya melalui fitur pelatihan mandiri dan video inspirasi, serta menyediakan wadah bagi guru untuk dapat berbagi praktik baik melalui fitur bukti karya saya.

Asesmen ini merupakan pemanfaatan teknologi Informasi yang baik bagi efisiensi waktu dan sangat efektif mengukur kemampuan siswa secara realtime dan cepat dalam mengetahui hasil awal belajar siswa, dengan asesmen ini kita tahu media atau perangkat pembelajaran apa yang cocok dengan minat dan bakat siswa dalam pembelajaran berikutnya. 

Platform merdeka belajar bisa diakses melalui website https://guru.kemdikbud.go.id/ atau aplikasi merdeka belajar yang bisa diunduh di Android Play Store. Untuk bisa masuk ke platform ini, pengguna bisa menggunakan akun belajar.id.


 #platformmerdekabelajar #merdekabelajar #kemdikbudristek #merdekabelajaredisi15

No comments:
Write komentar

E-learning