Tuesday, February 14, 2023

Banyak Manfaat Menjadi Guru Penggerak, Ini Salah Satunya

 

Pendidikan Guru Penggerak


Jakarta - Program Guru Penggerak adalah inovasi dalam pendidikan guru mengeksplore ilmu, metode dan pendekatan ilmiah dan praktis dalam pembelajaran yang luar biasa manfaatnya, beragam pelatihan dan materi kita dapatkan, salah satunya fokus kepada kebutuhan belajar murid yang dulunya pendidikan itu terfokus pada guru, guru adalah sumber pembelajaran tapi kini paradigma tersebut dibalik. Dalam pendidikan Guru Penggerak banyak manfaat yang akan didapatkan. 


Peserta Program Guru Penggerak juga akan diberikan modul dan materi sebagai pegangan selama pendidikan berlangsung.

Berikut manfaat mengikuti Guru Penggerak seperti dikutip dari laman GTK Dikdas Kemdikbud:

Manfaat Mengikuti Guru Penggerak
1. Mengembangkan kompetensi dalam lokakarya bersama-sama
Selama 9 bulan kini 6 bulan, calon guru penggerak (CGP) akan menjalani pelatihan daring dan lokakarya bersama-sama. Capaian perkembangan juga akan di pantau dan dievaluasi bersama hingga pelatihan selesai.

2. Menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid
CGP dalam Program Guru Penggerak dapat belajar untuk meningkatkan kapasitas diri untuk mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru dalam hal ini menjadi teladan siswa, mampu memberdayakan, dan memotivasi siswanya.

Diharapkan, Guru Penggerak dapat menyikapi berbagai jenis siswa yang pada dasarnya unik dan beragam.

3. Belajar dalam kelompok terbimbing, terstuktur, menyenangkan
Para CGP akan belajar mandiri di mana saja dan kapan saja di sela aktivitas mengajar. Kendati belajar mandiri, CGP bisa tetap belajar secara sistematis. Di samping itu, ada kelompok dengan pembimbing dan suasana yang mendukung pembelajaran.

4. Pertukaran pengalaman CGP
Program Guru Penggerak memungkinkan pertukaran praktik baik dan studi kasus antar-CGP selama pendidikan bersama. Para guru CGP dari berbagai daerah peserta program juga dapat bertukar ilmu dan pengalaman selama pelatihan berlangsung.

5. Bimbingan
CGP akan mendapat pelatihan dan bimbingan dari pengajar praktik serta pendamping CGP. Para pengajar dan pendamping ini berasar dari widyaiswara dan pengawas sekolah yang memenuhi persyaratan Kemendikbudristek.

Pembimbing CGP bertugas mencatat perkembangan guru selama pendidikan secara daring, memberi pendampingan selama pendidikan, memotivasi, dan membantu CGP hingga selesai pendidikan.

6. Mendapat komunitas belajar baru
Guru Penggerak memungkinkan terbentuknya komunitas belajar baru antara guru penggerak, pengajar, dan pembimbing dari berbagai latar belakang dan pengalaman di berbagai daerah. Karena itu, Guru Penggerak juga memungkinkan kolaborasi antara guru dengan lebih banyak orang.

7. Mendapat sertifikat pendidikan dan piagam
Sebagai penunjang karier, CGP yang telah menyelesaikan Pendidikan Guru Penggerak akan mendapat sertifikat Guru Penggerak 310 JP dan Piagam Guru Penggerak. Sertifikat ini salah satunya dapat digunakan untuk melengkapi syarat menjadi kepala sekolah.

8. Banyak manfaat yang didapatkan menjadi peserta Guru Penggerak, salah satu manfaat mengikuti Guru Penggerak yaitu mendapat sertifikat pendidikan 310 jam pelajaran (JP) dan Piagam Guru Penggerak. Sertifikat ini salah satunya dapat digunakan untuk melengkapi syarat sebagai kepala sekolah.


Peserta Program Guru Penggerak akan mendapat Pendidikan Guru Penggerak, pengembangan kompetensi, dan lokakarya bersama.

Selama pendidikan dan pendampingan Guru Penggerak, peserta akan mendapat bantuan paket data untuk pelatihan daring. Di samping itu, biaya transportasi, konsumsi, dan akomodasi juga diberikan sesuai kebutuhan dalam pelaksanaan pendidikan sesuai syarat dan ketentuan. 

Ayo bergabung bersama Program Guru Penggerak. 
Selengkapnya tentang pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 10 bisa dilihat di https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/. Semoga berhasil!




No comments:
Write komentar

Silahkan isi komentar Anda disini

E-learning