Sunday, May 7, 2023

Kemeriahan Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Pandeglang

 

Pembukaan Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar CGP A6 Pandeglang


Indsmedia.com - Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak Angkatan 6 Kabupaten Pandeglang dibalut kemeriahan yang diselenggarakan di Aula SMKN 3 Pandeglang pada Jumat - Sabtu 5-6 Mei 2023. Suasana Idul Fitri masih hangat menambah antusias CGP dalam melaksanakan Lokakarya 7 yang merupakan Lokakarya Festival Hasil Panen Belajar  CGP selama enam bulan mengikuti pendidikan Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 Kabupaten Pandeglang. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan sebagai tanda kegiatan dimulai yang dilanjut menyanyikan Mars Guru Penggerak, sebagai awal seremonial pesta panen hasil belajar CGP Angkatan 6 Kabupaten Pandeglang. 

Stand Kelas B

Pakaian adat berbagai daerah yang berasal dari Banten dikenakan sebagai kostum tema masing-masing kelas, CGP Kabupaten Pandeglang terdiri 114  CGP terdiri dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK, stand yang unik menjadi daya tarik pengunjung menikmati tumpah ruah karya nyata dari 8 kelas stand CGP yang memamerkan dan mempresentasikan beragam karya nyata yang merupakan implementasi setiap modul dalam pembelajaran PGP. Program-program karya nyata CGP ini dipanen di Lokakarya 7 dan disaksikan oleh sekitar 112 undangan yang terdiri dari pejabat pemerintah, kepala sekolah, pengawas, fasilitator, dan perwakilan komunitas. Tentunya  sebagai bukti dari hasil pencapaian yang akan  mengantarkan Calon Guru Penggerak menjadi Guru Penggerak.

Adapun karya nyata CGP yang dilakukan di sekolah masing-masing dalam program yang meningkatkan kompetensi guru  diantaranya adalah Coaching sebagai paradigma dalam supervisi akademik. Pendekatan coaching menjadikan guru bukan sebagai objek dalam supervisi tapi sebagai subjek pembelajar dimana guru diarahkan mengembangkan potensinya dalam menyelesaikan permasalahan  proses belajar di kelas. Ada juga Program budaya positif melalui keyakinan kelas melalui kesepakatan antara guru dan murid yang mengakomodasi pendapat murid dalam mewujudkan  kelas yang aman dan nyaman sehingga  murid  mampu membuat perubahan dimana murid sebagai peniru dituntun untuk mengembangkan sikap toleransi, saling menghargai, disiplin dan mengembangkan budaya antri. Keyakinan kelas ini telah diimplementasikan  di SDN Citeureup 3 dalam bentuk poster yang ditempelkan di kelas. Selain itu program PAPI (Progran Anak Peduli sosIal) adalah program pengembangan kolaboratif warga sekolah dalam meningkatkan keterampilan sosial  sehingga murid menjadi terbiasa membantu meringankan beban sesama di sekolah. Program ini menjadi program andalan yang telah dilaksanakan sejak bulan kemarin di SDN Citeureup 3 sebagai aksi nyata Modul 3.3.

Karya CGP

Selain program pengembangan karakter, CGP juga mempresentasikan program pengembangan karakter setiap hari Jumat seperti JUMPIKAR (Jumat Pagi Berkarakter) di SDN Patia 1. Program ini menitikberatkan pada pengembangan karakter anak agar menjadi insan yang mandiri dan berkarakter, yang mampu meningkatkan ketertarikan siswa dalam mendukung semangat belajar dengan memperhatikan kebutuhan belajar siswa berdasarkan bakat dan minatnya. Karya lainnya berupa peningkatan skill siswa untuk menghasilkan produk, misalnya progam Kursi Daur Ulang dari botol air mineral bekas sebagai aksi nyata di SMPN 3 Pandeglang, Podcast SMPN 1 Mandalawangi, Semua program CGP terangkai dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. 

Kepala Disdikpora Kabupaten Pandeglang yang diwakili oleh Sekdis Bapak Sutoto, dalam sambutannya mengapresiasi CGP yang telah mengikuti pembekalan selama 6 bulan, dan mengharapkan CGP yang telah lulus menjadi guru penggerak dapat menjadi pemimpin dalam peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi kebijakan merdeka mengajar. Pada kesempatan ini juga Pak Sekdis sekaligus membuka secara resmi Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar CGP Angkatan 6 Kabupaten Pandeglang.

Karya Siswa

Endi Sutrisna salah satu CGP dari SDN Citeureup 3 menceritakan pengalamannya selama 6 bulan mengikuti kegiatan pendidikan. Awalnya tidak percaya diri dan merasa ragu. Kemudian menjadi yakin dan percaya diri karena modul pembelajaran yang sangat terkait dengan kompetensi kebutuhan guru untuk meningkatkan kompetensi guru menjadi lebih baik, konsisten dengan manajemen waktu dan selalu termotivasi melakukan perubahan di sekolah meskipun kecil tapi menjadi luar biasa karena proses pembekalan di PGP sangat kolaboratif, dan berbagi. 

Karya Siswa


Lokakarya 7 sebagai Lokakarya pamungkas, di lokakarya 7 ada kelas belajar sebagai sesi mengevaluasi program guru penggerak. Kelas berbagi baik aksi nyata maupun dampak pada lingkungan sekolah serta pameran hasil karya. Selain itu Lokakarya 7 sebagai momen meneguhkan komitmen sebagai guru penggerak, 

Festival Hasil Panen Belajar CGP Angkatan 6 Kabupaten Pandeglang adalah deskripsi dari perjalanan 6 bulan CGP mengikuti pendidikan. CGP  menyelesaikan tugas 10 modul, mengikuti pertemuan daring dengan fasilitator dan instruktur serta menerima kunjungan pengajar praktik di sekolah dan kegiatan Lokakarya setiap bulan sebagai kegiatan rutinitas di samping kegiatannya sebagai guru di sekolah. Kewajiban pengajar praktik mendampingi CGP sangat berkesan karena ada kebersamaan dalam belajar, berbagi, berkolaborasi, berefleksi dan mensosialisasikan hasil belajar setiap modul, sehingga menanamkan semangat tergerak, bergerak dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik. (SW)


No comments:
Write komentar

Silahkan isi komentar Anda disini

E-learning