Tuesday, April 30, 2019

Cara Instalasi dan Aktivasi Aplikasi e-RKAS 2019

 

Mitra.blog ~ Sistem pelaporan RKAS dan SPJ Dana Bos 2019 mengalami perubahan dari yang sebelumnya menggunakan sistem manual kini menjadi online, sistem ini dikenal dengan e-RKAS 2019.

Lalu bagaimana cara awal yaitu Cara Instalasi dan Aktivasi Aplikasi e-RKAS 2019?
Mungkin caranya tak terlalu sulit adalah dengan cara sebagai berikut.

  1. Cek ke situs RKAS Kemendikbud 2019 yakni di http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download
  2. Unduh dan Instal File-nya di Laptop
  3. Setelah selesai maka akan muncuk laman permintaan aktivasi.


Selanjutnya bagaimana cara aktivasinya? Untuk melakukan tahapan ini maka membutuhkan kode aktivasi yang bisa di peroleh dari operator BOS Online Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing, setelah memperoleh kode itu selanjutnya tinggal melengkapi form aktivasi yang tersedia.
  1. Masukkan kode aktivasi
  2. Nama Sekolah
  3. Email Sekolah atau email lainnya, namun sebaiknya email sekolah karena bisa dipergunakan jangka panjang termasuk saat sekolah mengganti operator
  4. Nomor HP Operator
  5. Sandi (Jangan sampai lupa)
Untuk proses aktivasi pastikan sistem terhubung dengan server, dan dalam prakteknya saat aktivasi pastikan server dalam keadaan aktif yang dalam hal ini akun e-RKAS milik operator dinas, silahkan koordinasikan dengan Dinas Pendidikan mengenai hal ini agar proses aktivasi itu bisa berjalan lancar.
Tidak hanya pada saat aktivasi melainkan saat sinkronisasi nanti server e-RKAS operator Dinas Pendidikan dan Aplikasi e-RKAS sekolah harus sama-sama aktif agar bisa sinkron.

Nah mungkin hanya itu yang bisa kami berikan pada postingan kali ini mengenai Cara Instalasi dan Aktivasi Aplikasi e-RKAS 2019, untuk lebih lanjut mengenai info e-RKAS Online 2019 akan dijelaskan pada postingan lainnya.

No comments:
Write komentar

E-learning